M.Jack

ARTIKEL

MEDIA PUBLIC RELATIONS

Menurut Franks Jefkins (1992 : 98) menyatakan bahwa “Media relations adalah usaha untuk mencari publikasi atau penyiaran yang maksimum atas suatu pesan atau informasi humas dalam rangka menciptakan pengetahuan dan pemahaman bagi khalayak dari organisasi perusahaan yang bersangkutan” . Menurut Al & Laura Ries, dalam bukunya The Fall Of Advertising and The Rise of PR mengemukakan bahwa “ untuk dapat memenangi kompetisi, satu-satunya cara mengalahkan kompetitor adalah dengan memenangkan pertempuran di media massa”. Mengingat besarnya peran media massa, hal ini pula yang menjadi dasar dari pekerjaan penting seorang Public Relation adalah menjalin hubungan yang baik dengan media. 
 Dari pengertian diatas, dapat dikatakan bahwa hubungan public reations dengan media merupakan hal yang sangat penting dalam pekerjaan seorang public relations untuk mencapai tujuan dari setiap kegiatan yang dilakukan Public Relations. Dan Dapat disimpulkan pengertian Media Relations adalah relasi yang dibangun dan dikembangkan dengan media untuk menjangkau publik guna meningkatkan pencitraan, kepercayaan, dan tercapainya tujuan-tujuan individu maupun organisasi/perusahaan.
Kegiatan media relations akan membawa efek sangat besar apabila dilakukan dengan menggunakan prinsip kerja yang tepat. Menurut Frank Jefkins (1992 : 98), beberapa hal yang harus diperhatikan PR dalam menyelanggarakan media relations yang baik adalah : a). Memahami dan melayani media setiap saat. b). Membangun reputasi sebagai organisasi yang dapat dipercaya media.
Pada bagian ini, seorang PR harus siap menyediakan dan memasok materi-materi yang akurat dimana saja dan kapan saja. c). Menyediakan salinan informasi yang memadai dan akurat. Maksudnya adalah menyediakan reproduksi foto-foto yang baik dan menarik serta jelas. d). Bekerjasama dalam penyediaan materi informasi Sebagai contoh, seorang PR dan wartawan dapat bekerjasama dalam mempersiapkan sebuah acara wawancara atau temu pers dengan tokoh– tokoh tertentu. e). Menyediakan fasilitas verifikasi Praktisi PR juga perlu memberi kesempatan kepada jurnalis melakukan verifikasi atas setiap meteri yang akan mereka terima. f). Membangun hubungan personal yang kokoh dengan media Suatu hubungan personal yang kokoh dan positif dengan prinsip keterbukaan, kejujuran, kerja sama, dan sikap saling menghormati profesi masing masing.
Adapun beberapa manfaat yang didapatkan oleh organisasi atau perusahaan jika menjalin hubungan yang baik dengan media adalah sebagai berikut : a). Untuk iklan dan publikasi : Organisasi / perusahaan akan mudah dalam mengiklankan produk dari perusahaannya. b). Respon krisis.
Ketika perusahaan sedang dilanda krisis, peran media sangat besar dalam hal ini, karena perusahaan bisa dengan mudah membuat klarifikasi dari krisis yang terjadi dan disampaikan kepada masyarakat melalui media, agar tidak menyebar isu-isu yang tidak diinginkan. c). Membantu membentuk persepsi public. Dalam hal ini peran media erat kaitannya dengan membentuk pola pikir masyarakat yang positif terhadap perusahaan. d). Membantu membentuk “reputasi”. Dengan memuat pemberitaan yang baik mengenai perusahaan oleh media, maka akan dengan mudah mencapai reputasi yang baik dimata masyarakat.e). Meningkatkan profil : Perusahaan kita akan mudah dikenali oleh mayarakat luas melalui pemberitaan yang dimuat oleh media.
relatif murah. Karena telah menjalin hubungan yang baik dengan media, maka keuntungan secara komersil akan mudah di raih oleh perusahaan, seperti adanya potongan harga ketika akan memuat iklan dalam suatu media.
Sebenarnya, Media Relations hanyalah salah satu bagian dari Public Relations, namun bisa menjadi perangkat yang sangat penting dan efisien. Jika seorang Public Relation bisa menyusun pesan yang bukan saja diterima, tetapi juga dipandang penting oleh media lokal, maka Public Relation sudah membuat langkah besar menuju keberhasilan program dalam suatu perusahaan. Menurut Lesly (1991 : 7), media relations merupakan kegiatan yang berhubungan dengan media komunikasi untuk melakukan publisitas atau respon kepentingan media terhadap organisasi. Pendapat Lesly ini memberikan penekanan bahwa media relations lebih digunakan untuk fungsi publisitas. Media merupakan bagian dari masyarakat dengan siapa perusahaan ingin membangun hubungan yang saling menguntungkan. Media massa merupakan kunci dalam membantu PR mengkomunikasikan substansi kinerja. Setiap organisasi bisa mendapatkan keuntungan dari hubungan media yang terencana dengan baik.



Daftar Pustaka
Jefkins, Frank. 1992. Public Relations(98), Bandung, Penerbit Erlangga


Komentar

Postingan Populer