M.Jack
ARTIKEL
MEDIA
PUBLIC RELATIONS
Menurut Franks
Jefkins (1992 : 98) menyatakan bahwa “Media relations adalah usaha untuk
mencari publikasi atau penyiaran yang maksimum atas suatu pesan atau informasi
humas dalam rangka menciptakan pengetahuan dan pemahaman bagi khalayak dari
organisasi perusahaan yang bersangkutan” . Menurut Al & Laura Ries, dalam
bukunya The Fall Of Advertising and The Rise of PR mengemukakan bahwa “ untuk
dapat memenangi kompetisi, satu-satunya cara mengalahkan kompetitor adalah
dengan memenangkan pertempuran di media massa”. Mengingat besarnya peran media
massa, hal ini pula yang menjadi dasar dari pekerjaan penting seorang Public
Relation adalah menjalin hubungan yang baik dengan media.
Dari pengertian diatas, dapat dikatakan bahwa
hubungan public reations dengan media merupakan hal yang sangat penting dalam
pekerjaan seorang public relations untuk mencapai tujuan dari setiap kegiatan
yang dilakukan Public Relations. Dan Dapat disimpulkan pengertian Media
Relations adalah relasi yang dibangun dan dikembangkan dengan media untuk
menjangkau publik guna meningkatkan pencitraan, kepercayaan, dan tercapainya
tujuan-tujuan individu maupun organisasi/perusahaan.
Kegiatan media
relations akan membawa efek sangat besar apabila dilakukan dengan menggunakan
prinsip kerja yang tepat. Menurut Frank Jefkins (1992 : 98), beberapa hal yang
harus diperhatikan PR dalam menyelanggarakan media relations yang baik adalah : a). Memahami dan melayani media
setiap saat. b). Membangun reputasi sebagai organisasi yang dapat dipercaya
media.
Pada bagian ini, seorang PR
harus siap menyediakan dan memasok materi-materi yang akurat dimana saja dan
kapan saja. c). Menyediakan salinan informasi yang memadai dan akurat. Maksudnya
adalah menyediakan reproduksi foto-foto yang baik dan menarik serta jelas. d). Bekerjasama dalam penyediaan materi informasi Sebagai contoh,
seorang PR dan wartawan dapat bekerjasama dalam mempersiapkan sebuah acara
wawancara atau temu pers dengan tokoh– tokoh tertentu. e). Menyediakan fasilitas verifikasi Praktisi PR juga perlu memberi
kesempatan kepada jurnalis melakukan verifikasi atas setiap meteri yang akan
mereka terima. f). Membangun hubungan personal
yang kokoh dengan media Suatu hubungan personal yang kokoh dan positif dengan
prinsip keterbukaan, kejujuran, kerja sama, dan sikap saling menghormati
profesi masing masing.
Adapun beberapa manfaat yang didapatkan oleh
organisasi atau perusahaan jika menjalin hubungan yang baik dengan media adalah
sebagai berikut : a). Untuk iklan dan publikasi : Organisasi / perusahaan akan mudah
dalam mengiklankan produk dari perusahaannya. b). Respon krisis.
Ketika
perusahaan sedang dilanda krisis, peran media sangat besar dalam hal ini,
karena perusahaan bisa dengan mudah membuat klarifikasi dari krisis yang
terjadi dan disampaikan kepada masyarakat melalui media, agar tidak menyebar
isu-isu yang tidak diinginkan. c). Membantu membentuk persepsi public. Dalam hal ini
peran media erat kaitannya dengan membentuk pola pikir masyarakat yang positif
terhadap perusahaan. d). Membantu membentuk “reputasi”. Dengan memuat
pemberitaan yang baik mengenai perusahaan oleh media, maka akan dengan mudah
mencapai reputasi yang baik dimata masyarakat.e). Meningkatkan profil : Perusahaan kita akan mudah dikenali oleh
mayarakat luas melalui pemberitaan yang dimuat oleh media.
relatif murah. Karena telah menjalin hubungan yang baik
dengan media, maka keuntungan secara komersil akan mudah di raih oleh
perusahaan, seperti adanya potongan harga ketika akan memuat iklan dalam suatu
media.
Sebenarnya, Media
Relations hanyalah salah satu bagian dari Public Relations, namun bisa menjadi
perangkat yang sangat penting dan efisien. Jika seorang Public Relation bisa
menyusun pesan yang bukan saja diterima, tetapi juga dipandang penting oleh
media lokal, maka Public Relation sudah membuat langkah besar menuju
keberhasilan program dalam suatu perusahaan. Menurut Lesly (1991 : 7), media relations
merupakan kegiatan yang berhubungan dengan media komunikasi untuk melakukan
publisitas atau respon kepentingan media terhadap organisasi. Pendapat Lesly
ini memberikan penekanan bahwa media relations lebih digunakan untuk fungsi
publisitas. Media merupakan bagian dari masyarakat dengan siapa perusahaan
ingin membangun hubungan yang saling menguntungkan. Media massa merupakan kunci
dalam membantu PR mengkomunikasikan substansi kinerja. Setiap organisasi bisa
mendapatkan keuntungan dari hubungan media yang terencana dengan baik.
Daftar Pustaka
Jefkins, Frank. 1992. Public Relations(98), Bandung, Penerbit Erlangga
http://humas-publicrelations.blogspot.co.id/2014/11/media-humas-pr-media.html
( diakses pada hari kamis pukul 15.29)
Komentar
Posting Komentar