TUJUAN DAN FUNGSI PUBLIC RELATION


ARTIKEL
TUJUAN DAN FUNGSI PUBLIC RELATION
A.      Pengertian Public Relation
Dari 2000  defenisi yang terkumpul itu, tiga diantaranya terpilih sebagai defenisi  yang terbaik. Pilihan yang dilakukan oleh sebuah panitia yang beranggotakan para pakar Public Relation itu jatuh pada :
1.       Defenisi J. C. Seidel, seorang Public Relation Director pada Division of housing di New York, yang berbunyi :  “Public Relation adalah proses yang berkelanjutan  dari usaha manajemen untuk memperoleh jasa baik dan pengertian dari pada langgannya, pegawai-pegawainya, dan public pada umumnya, kedalam mengadakan analisa dan koreksi (perbaikan-perbaikan) terhadap diri sendiri, ke luar  mengadakan pernyataan yang berarti menguntungkan”
2.       Defenisi W. Emerson Reck, Seorang  Public Relation Director  pada Colgate University, yang berbunyi : “Public Relation adalah kelanjutan dari proses penetapan kebijaksanaan, pelayanan dan sikap yang disesuaikan dengan kepentingan orang atau golongan agar orang atau lembaga itu memperoleh kepercayaan dan jasa baik dari mereka, sedangkan pelaksanaan kebijaksanaan, pelayanan dan sikap itu adalah untuk menjamin adanya pengertian dan penghargaan yang sebaik-baiknya”.
3.       Defenisi Howard Bonham, seorang  Vice Chairman  pada  American National Red Cross, yang berbunyi : “ Public Relation adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperbesar kepercayaan publik terhadap seseorang atau organisasi”. (Suhandang : 2004 : 44)[1]
Dari penjelasan mengenai defenisi  Public Relation, maka dapat dapat disimpulkan bahwa Public Relation  merupakan fungsi manajemen dari sikap budi yang direncanakan dan dijalankan secara berkesinambungan oleh organisasi-organisasi, lembaga-lembaga umum dan pribadi, yang  dipergunakan untuk memperoleh dan membina saling pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang ada hubungan dan diduga akan ada kaitannya, dengan cara menilai opini publik,    dengan tujuan sedapat mungkin menghubungkan kebijaksanaan dan ketatalaksanaan, guna mencapai kerja  sama yang lebih produktif dan untuk memenuhi kepentingan bersama yang lebih efisien, dengan kegiatan penerangan yang terencana dan tersebar luas. 
B.      Tujuan Public Relation
Ada banyak pendapat para ahli tentang tujuan dari Public Relation antara lain :
1.    Bonar merumuskan tujuan PR adalah :
ü  Public understanding (pengertian publik)
ü  Public confidence ( kepercayaan publik)
ü  Public support (dukungan publik)
ü  Public cooperation (kerjasama publik)
2.    Menurut Davis, Tujuan utama dari public relation adalah mempengaruhi perilaku orang secara individu maupun kelompok saat saling berhubungan, melalui dialog dengan semua golongan, dimana persepsi, sikap dan opininya penting terhadap suatu kesuksesan sebuah perusahaan[2].
3.    Menurut Rosady Ruslan (2001, p.246) tujuan public relation adalah sebagai berikut:
a.    Menumbuhkembangkan citra perusahaan yang positif untuk publik eksternal atau  masyarakat dan konsumen.
b. Mendorong tercapainya saling pengertian antara publik sasaran dengan perusahaan.
c. Mengembangkan sinergi fungsi pemasaran dengan public relation.
d. Efektif dalam membangun pengenalan merek dan pengetahuan merek.
e. Mendukung bauran pemasaran.
4.    Menurut Mulyana, secara keseluruhan tujuan dari public relation adalah untuk menciptakan citra baik perusahaan sehingga dapat menghasilkan kesetiaan publik terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan.
 Jadi dari beberapa pendapat para ahli di atas, dapat saya simpulkan bahwa tujuan Public Relations adalah menciptakan dan memelihara saling pengertian, maksudnya adalah untuk memastikan bahwa organisasi tersebut senantiasa dimengerti oleh pihak lain yang berkepentingan. Dengan adanya kata ‘saling’ maka organisasi pun harus dapat memahami publiknya.
C.      Fungsi Public Relation
Public Relation merupakan bagian dari organisasi yang berfungsi untuk menjaga dan membina hubungan baik antara instansi dengan masyarakat umum atau publik besrta dengan konsumenya. Public Relation  juga menjaga hubungan baik internal perusahaan, yaitu mencoba menjaga hubungan baik  antara semua pegawai  kerja dan karyawan baik dari top manajemen hingga pegawai dengan status pangkat paling rendah di perusahaan tersebut. Fungsi dasar dari  Public Relation  adalah membentuk dan membina hubungan baik, dengan terciptanya hubungan yang baik maka, akan terciptalah kinerja dan kualitas kerja yang baik guna mencapai keuntungan bagi inst itusi tersebut. Dalam  Elvinaro&  Soemirat  (2003 : 87)[3].
Menurut Bertrand R. Canfield dalam Lubis (2001 : 20),  ada  tiga fungsi Public Relation, yaitu :
ü  Mengabdi kepada kepentingan umum (it should serve the public interest)
ü  Memelihara hubungan yang baik (maintian good communication)
ü  Menitik beratkan moral dan  tingkah laku yang baik  (stress good morals dan manners).
Fungsi utama dari Public Relation Menurut Anne Can Der Meiden  dalam Rumanti (2002 : 204).
ü  Menumbuhkan, mengembangkan hubungan baik antara organisasi perusahaan dengan publiknya baik internal maupun eksternal.
ü  Menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi, dan meningkatkan partisipasi publik.
ü  Menciptakan  opini publik  yang menguntungkan organisasi/perusahaan dan publik.
Menurut Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A. dalam Ruslan      (2005 : 9)  fungsi Public Relation Officer (PRO) ketika menjalankan tugas-tugas dan operasionalnya, baik sebagai komunikator dan mediator, maupun organisator adalah :
ü  Menunjang  kegiatan manajemen dalam mencapai tujuan organisasi
ü  Membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publik internal dan eksternal.
ü  Menciptakan komunikasi dua arah dengan menyebarkan informasi dari organisasi kepada publiknya dan menyalurkan opini publik kepada organisasinya
ü  Melayani publik dan menasehati pimpinan organisasi demi kepentingan umum.
ü  Operasionalisasi dan organisasi  Public Relation  dalah bagaimana membina hubungan harmonis antar organisasi dengan publiknyan untuk mencegah terjadinya rintangan psikologis yang ditimbulkan dari pihak organisasi maupun dari pihak publiknya.




Komentar

Postingan Populer