TUJUAN DAN FUNGSI PUBLIC RELATION
ARTIKEL
TUJUAN
DAN FUNGSI PUBLIC RELATION
A.
Pengertian Public Relation
Dari 2000 defenisi
yang terkumpul itu, tiga diantaranya terpilih sebagai defenisi yang terbaik. Pilihan yang dilakukan oleh
sebuah panitia yang beranggotakan para pakar Public Relation itu jatuh pada :
1.
Defenisi J. C. Seidel,
seorang Public Relation Director pada Division of housing di New York, yang
berbunyi : “Public Relation adalah
proses yang berkelanjutan dari usaha
manajemen untuk memperoleh jasa baik dan pengertian dari pada langgannya,
pegawai-pegawainya, dan public pada umumnya, kedalam mengadakan analisa dan
koreksi (perbaikan-perbaikan) terhadap diri sendiri, ke luar mengadakan pernyataan yang berarti
menguntungkan”
2.
Defenisi W. Emerson Reck,
Seorang Public Relation Director pada Colgate University, yang berbunyi :
“Public Relation adalah kelanjutan dari proses penetapan kebijaksanaan,
pelayanan dan sikap yang disesuaikan dengan kepentingan orang atau golongan
agar orang atau lembaga itu memperoleh kepercayaan dan jasa baik dari mereka,
sedangkan pelaksanaan kebijaksanaan, pelayanan dan sikap itu adalah untuk
menjamin adanya pengertian dan penghargaan yang sebaik-baiknya”.
3.
Defenisi Howard Bonham,
seorang Vice Chairman pada
American National Red Cross, yang berbunyi : “ Public Relation adalah
suatu seni untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat
memperbesar kepercayaan publik terhadap seseorang atau organisasi”. (Suhandang
: 2004 : 44)[1]
Dari
penjelasan mengenai defenisi Public
Relation, maka dapat dapat disimpulkan bahwa Public Relation merupakan fungsi manajemen dari sikap budi
yang direncanakan dan dijalankan secara berkesinambungan oleh
organisasi-organisasi, lembaga-lembaga umum dan pribadi, yang dipergunakan untuk memperoleh dan membina
saling pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang ada hubungan dan
diduga akan ada kaitannya, dengan cara menilai opini publik, dengan tujuan sedapat mungkin menghubungkan
kebijaksanaan dan ketatalaksanaan, guna mencapai kerja sama yang lebih produktif dan untuk memenuhi
kepentingan bersama yang lebih efisien, dengan kegiatan penerangan yang
terencana dan tersebar luas.
B.
Tujuan Public Relation
Ada banyak pendapat
para ahli tentang tujuan dari Public Relation antara lain :
1.
Bonar merumuskan tujuan PR
adalah :
ü
Public understanding
(pengertian publik)
ü
Public confidence (
kepercayaan publik)
ü
Public support (dukungan
publik)
ü
Public cooperation
(kerjasama publik)
2.
Menurut Davis, Tujuan utama
dari public relation adalah mempengaruhi perilaku orang secara individu maupun
kelompok saat saling berhubungan, melalui dialog dengan semua golongan, dimana
persepsi, sikap dan opininya penting terhadap suatu kesuksesan sebuah
perusahaan[2].
3.
Menurut Rosady Ruslan
(2001, p.246) tujuan public relation adalah sebagai berikut:
a.
Menumbuhkembangkan citra
perusahaan yang positif untuk publik eksternal atau masyarakat dan konsumen.
b. Mendorong tercapainya saling
pengertian antara publik sasaran dengan perusahaan.
c. Mengembangkan sinergi fungsi
pemasaran dengan public relation.
d. Efektif dalam membangun pengenalan
merek dan pengetahuan merek.
e. Mendukung bauran pemasaran.
4.
Menurut Mulyana, secara
keseluruhan tujuan dari public relation adalah untuk menciptakan citra baik
perusahaan sehingga dapat menghasilkan kesetiaan publik terhadap produk yang
ditawarkan oleh perusahaan.
Jadi dari
beberapa pendapat para ahli di atas, dapat saya simpulkan bahwa tujuan Public
Relations adalah menciptakan dan memelihara saling pengertian, maksudnya adalah
untuk memastikan bahwa organisasi tersebut senantiasa dimengerti oleh pihak
lain yang berkepentingan. Dengan adanya kata ‘saling’ maka organisasi pun harus
dapat memahami publiknya.
C.
Fungsi Public Relation
Public Relation merupakan bagian dari organisasi yang
berfungsi untuk menjaga dan membina hubungan baik antara instansi dengan
masyarakat umum atau publik besrta dengan konsumenya. Public Relation juga menjaga hubungan baik internal
perusahaan, yaitu mencoba menjaga hubungan baik
antara semua pegawai kerja dan
karyawan baik dari top manajemen hingga pegawai dengan status pangkat paling
rendah di perusahaan tersebut. Fungsi dasar dari Public Relation adalah membentuk dan membina hubungan baik,
dengan terciptanya hubungan yang baik maka, akan terciptalah kinerja dan
kualitas kerja yang baik guna mencapai keuntungan bagi inst itusi tersebut. Dalam Elvinaro&
Soemirat (2003 : 87)[3].
Menurut Bertrand R. Canfield dalam Lubis (2001 : 20), ada
tiga fungsi Public Relation, yaitu :
ü
Mengabdi kepada kepentingan
umum (it should serve the public interest)
ü
Memelihara hubungan yang
baik (maintian good communication)
ü
Menitik beratkan moral
dan tingkah laku yang baik (stress good morals dan manners).
Fungsi utama dari Public Relation Menurut Anne Can Der
Meiden dalam Rumanti (2002 : 204).
ü
Menumbuhkan, mengembangkan
hubungan baik antara organisasi perusahaan dengan publiknya baik internal
maupun eksternal.
ü
Menanamkan pengertian,
menumbuhkan motivasi, dan meningkatkan partisipasi publik.
ü
Menciptakan opini publik
yang menguntungkan organisasi/perusahaan dan publik.
Menurut Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A. dalam
Ruslan (2005 : 9) fungsi Public Relation Officer (PRO) ketika
menjalankan tugas-tugas dan operasionalnya, baik sebagai komunikator dan
mediator, maupun organisator adalah :
ü
Menunjang kegiatan manajemen dalam mencapai tujuan
organisasi
ü
Membina hubungan harmonis
antara organisasi dengan publik internal dan eksternal.
ü
Menciptakan komunikasi dua
arah dengan menyebarkan informasi dari organisasi kepada publiknya dan
menyalurkan opini publik kepada organisasinya
ü
Melayani publik dan
menasehati pimpinan organisasi demi kepentingan umum.
ü
Operasionalisasi dan
organisasi Public Relation dalah bagaimana membina hubungan harmonis
antar organisasi dengan publiknyan untuk mencegah terjadinya rintangan
psikologis yang ditimbulkan dari pihak organisasi maupun dari pihak publiknya.
[1] https://www.google.co.id/search?q=artikel+tujuan+dan+fungfi+PR&nfpr=1&sa=X&ved=0ahUKEwiv2LaDm6DXAhVEPY8KHZSzDMYQvgUIJCgB&biw=1366&bih=662
( di akses pada hari Rabu pukul 20.10 )
[2] https://mylifeinspirationblog.wordpress.com/2011/02/12/tujuan-dan-fungsi-public-relation/
( di akses pada hari Rabu pukul 20.29 )
[3] http://www.landasanteori.com/2015/07/pengertian-public-relation-fungsi-tugas.html
( Di akses pada hari Rabu Pukul 21.19 )
Komentar
Posting Komentar